KOLOM Q&A


KOQ ANAK SAYA BELAJAR KUMON HANYA SEBENTAR, TIDAK SAMPAI 1 JAM? BISA NGGAK, DIBUAT AGAR LEBIH LAMA DI KELAS?
               
                        Pertama-tama, lamanya siswa belajar bergantung pada tingkatan nya dan jumlah lembar kerja yang dia kerjakan. Berikut ini akan saya jelaskan lebih detil tentang hal ini.

Bapak/ibu, salah satu keistimewaan metode belajar KUMON adalah anak memulai dari titik pangkal yang mudah, artinya pembimbing memberikan materi soal yang sesuai dengan kemampuannya saat itu. Hal ini memiliki tujuan sebagai berikut; karena soal yang masih mudah, maka anak bisa mengerjakan tanpa kesulitan sehingga bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak. Lalu, karena rasa percaya dirinya naik, maka anak akan menjadi menyukai matematika.
Kemudian, bapak/ibu, masih merupakan salah satu keistimewaan metode KUMON lainnya; bahan pelajaran metode KUMON disusun dengan tujuan untuk memperoleh hasil belajar yang paling tinggi dalam waktu yang relatif singkat, artinya semua materi bahan pelajaran KUMON, dirancang sedemikian rupa, sehingga meskipun anak mengerjakan dalam waktu singkat, tetapi mereka akan dapat mempelajari pelajaran di atas tingkatan kelasnya secara mandiri dan dalam waktu relatif singkat.
Disamping itu, metode KUMON mempertimbangkan agar siswa dapat belajar dalam waktu jangka panjang, sehingga di bulan-bulan awal belajar mungkin waktunya sebentar, hal ini agar terbentuk kebiasaan belajar yang baik, tetapi nanti seiring dengan kenaikan levelnya, waktu pengerjaan juga akan semakin lama.
Lalu, menjawab pertanyaan kedua, bisa tidaknya dibuat agar lebih lama di kelas? Keistimewaan KUMON lainnya, tidak memaksa anak mengerjakan yang melebihi kemampuannya. Jika anak hanya sanggup mengerjakan 10 lembar, maka itu yang akan diberikan kepada anak. Tujuannya, tak lain hanya ingin agar anak menyukai matematika dan menganggap matematika itu menyenangkan. Untuk siswa yang sudah belajar setingkat atau diatas tingkatan kelasnya, pembimbing akan mempertimbangkan jumlah lembar kerjanya setiap hari. Disamping itu, biasanya bagi beberapa anak kecil, rentang konsentrasinya juga tidak bisa lama, artinya jika dipaksakan mengerjakan lebih dari 10 lembar, maka yang terjadi, anak akan lelah, kehilangan konsentrasi, dan mulai malas mengerjakan lembar kerjanya.

Demikian penjelasan kami, sering-seringlah Bapak/Ibu mengkomunikasikan dengan pembimbing kondisi belajar anak di rumah agar pembimbing juga dapat segera melakukan ‘sesuatu’ pada anak, sehingga tujuan agar anak bisa belajar secara kontinyu dan pada tingkatan pemahaman yang tepat, dapat tercapai.  Terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar